Rabu, 05 Desember 2012


Teheran - Gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) melanda wilayah pinggiran Iran. Dilaporkan 5 orang tewas dan sedikitnya belasan orang lainnya luka-luka akibat gempa berkekuatan sedang ini.

"Berdasarkan laporan terbaru dari lapangan, gempa bumi ini menewaskan 5 orang dan melukai 12 orang lainnya," ujar Kepala Badan Manajemen Krisis Provinsi Khorasan Selatan, Muhammad Ali Akhoundi kepada kantor berita Mehr dan dilansir AFP, Kamis (6/12/2012).

Namun tidak disebutkan lebih lanjut asal korban tewas dan kondisi para korban luka tersebut.

Gempa berkekuatan 5,5 SR ini melanda pada Rabu (5/12) sekitar pukul 20.38 waktu setempat. Menurut Pusat Seismologi Universitas Teheran, pusat gempa terletak di posisi sekitar 25 kilometer dari Zohan, sebuah kota kecil yang ada di provinsi tersebut. Zohan sendiri terletak sekitar 810 km dari ibukota Teheran.

Dilaporkan, sebanyak 5 desa yang ada di wilayah Provinsi Khorasan Selatan tersebut 'hancur' akibat gempa ini. Tim penyelamat masih berusaha menyisir lokasi bencana untuk mencari korban yang kemungkinan masih terjebak. 

Gempa ini membuat layanan komunikasi ke desa-desa tersebut terputus. Upaya pencarian pun sedikit terhambat.

Diketahui bahwa wilayah Iran berada di atas sejumlah patahan lempeng bumi, sehingga sangat rawan akan gempa bumi. Bahkan terkadang gempa-gempa tersebut bersifat sangat merusak.

Pada Desember 2003 lalu, gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang wilayah selatan Iran, Bam. Gempa ini menewaskan 31 ribu orang dan menghancurkan benteng kuno bersejarah yang berada di kota tersebut.
sumber:detik.

0 komentar:

Posting Komentar

anime komik

ONE PIECE

anime video

STATISTIK MINGGU INI

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Cari Blog Ini

members

About

Popular Posts

Blog Archive